Belitung, Negeri Laskar Pelangi

Jika kita mendengar kata Belitung maka tak jarang khayalan kita kembali kepada cerita indah tentang Laskar Pelangi. Sebuah karya sastra yang mengalihkan pandangan dunia ke sebuah pulau kecil di antara Selat Gaspar dan Selat Karimata. Belitung dulu hanya terkenal sebagai pulau penghasil timah dan lada putih. Pantai-pantainya yang menawan dengan ciri khas bebatuan granit yang besar menjulang belum terlalu terkenal ke mata dunia. Dan Andrea lah yang mengubah segalanya, lewat novel tetralogi Laskar Pelangi-nya Andrea memperkenalkan kampung halamannya yang indah ke mata dunia. Animo masyarakat semakin membludak ketika novel yang kini telah dicetak ke berbagai bahasa tersebut di film-kan ke layar lebar oleh produser sekelas Mira Lesmana. Maka, jadilah Belitung sebagai negeri Laskar Pelangi.

Dengan semakin meningkatnya jumlah pengunjung yang datang ke Belitung, maka penerbangan menuju ke pulau yang masuk ke Provinsi Bangka Belitung ini pun semakin mudah didapatkan. Dari Bandara Soekarno Hatta kamu bisa ambil penerbangan langsung ke Bandara H.A.S Hanandjoeddin Tanjung Pandan.

tanjung_tinggi

Banyak yang penasaran datang ke Belitung hanya untuk sekedar menapaki jejak petualangan geng Laskar Pelangi. Mulai dari berkunjung ke SD Muhammadiyah Gantong yang menjadi lokasi utama syuting film Laskar Pelangi sampai berlarian di celah-celah granit raksasa di Pantai Tanjung Tinggi. Jangan lupa juga untuk mencicipi sajian khas Belitung untuk melengkapi petualanganmu, seporsi Mie Belitung dan kopi hitamnya disantap sambil mendengarkan celotehan bapak-bapak berlogat melayu yang mendayu-dayu. God is absolutely good.

pantai tanjung kelayang

Selain lokasi-lokasi syuting Laskar Pelangi, Belitung tentu memiliki banyak keindahan lain. Diantaranya, Pantai Tanjung Kelayang, Pantai Burung Mandi, Pantai Tanjung Binga, Pantai Punai, dan Pantai Membalong yang juga memiliki formasi batuan granit raksasa seperti di Pantai Tanjung Tinggi. Selain itu, Belitung memiliki pasir pantai seputih kertas, bahkan lebih putih dari pasir pantai yang biasa dikunjungi di Bali lho.

pulau Lengkuas

Bosan berkeliling di Belitung saja, cobalah berkeliling pulau-pulau kecil yang terhampar indah di sekelilingnya, sebut saja Pulau Lengkuas, yang memiliki sebuah mercusuar yang dibangun pada abad ke-19, dari atas mercusuar tentu pemandangan akan menjadi lebih spektakuler lagi. Jika kamu ingin bersnorkeling cobalah terjun di perairan Pulau Lengkuas dan Pulau Babi. Lalu ada Pulau Burung, Pulau Babai, Pulau Pengadaran, Pulau Lutung, Pulau Kera, Pulau Jenang, dan lain-lain.

kaolin

Oya, jangan lupa juga untuk berkunjung ke Danau Kaolin yang cantik, danau ini berair biru toska dengan dataran di sekelilingnya yang berwarna putih, mirip Kawah Putih di Bandung. Di area danau ini banyak terdapat pertambangan kaolin, maka dari itu banyak sekali terdapat cekungan yang kemudian berisi air yang menjadi biru toska. Lokasinya dekat dari bandara, jadi danau ini bias kamu masukkan sebagai destinasi pertama atau terakhir di agenda perjalananmu.

 

Untuk informasi dan penawaran paket wisata hemat, paket corporate outing, team building, outbond, field trip sekolah dan kegiatan lainnya. Hubungi call center Trip Hemat di 0856 – 9194 – 6136 atau email ke info@triphemat.com.

Aliyamuafa
Aliyamuafa
owner of triphemat.com. travel consultant and (ofcourse) travel lover

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *